WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Membuat Tepung Porang dan Hasil Olahannya

CARA MEMBUAT TEPUNG PORANG

Cara membuat tepung porang tidaklah semudah membuat tepung dari bahan lainnya. Seperti namanya, tepung porang terbuat dari tanaman porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles. Porang merupakan tamanan yang mengandung glukomanan tinggi dimana termasuk serta pangan yang bersifat hidrokologis dan rendah kalori. Tepung porang dengan kadar glukomanan yang tinggi maka akan memiliki harga jual yang tinggi pula.

Cara Pembuatan Tepung Tanaman Porang


Glukomanan umumnya dijual dalam bentuk chips, yakni berupa irisan umbi porang yang sudah dikeringkan. Glukomanan juga memiliki sifat yang istimewa, di antaranya dapat membentuk larutan kental dalam air sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas, tekstil, perekat, bahan kosmetik, hingga bahan pembuat seluloid. Tepung porang dimanfaatkan sebagai salah satu produk olahan makanan, yaitu Konyaku yang berasal dari Jepang. Namun sebelumnya, cara membuat tepung porang harus diketahui terlebih dahulu.


  • Tahap pencucian


Umbi porang yang sudah dipanen dimasukkan ke dalam keranjang besi putar bersamaan dengan pengguyuran air mengalir secara terus menerus. Hal ini perlu dilakukan karena pada tahap pencucian, tanah yang menempel di bagian umbi porang bisa hilang sebab biasanya petani kurang memperhatikan kebersihannya.


  • Tahap penyortiran


Dalam tahap penyortiran ini, umbi porang akan dipilih seperti bagian mana yang memiliki kualitas bagus dan mana yang sudah mengalami pembusukkan. Hal ini dilakukan karena terkadang umbi porang akan ditumpuk sehingga banyak yang sudah membusuk sebelum diolah.


  • Proses pengrajangan


Pada proses ini, umbi porang akan dirajang oleh mesin secara tipis-tipis selebar korek api. Pengrajangan umbi porang biasanya sudah disesuaikan dengan sistem penyetelan sehingga ukurannya bisa sama. Setelah semua diiris tipis, barulah selanjutnya dikeringkan.


  • Proses pengeringan


Tahap atau proses ini bisa pula disebut dengan proses akhir, yakni penjemuran sampai kering. Ciri ciri umbi porang yang sudah benar-benar kering adalah kalau dilipat bisa mengeluarkan bunyi atau tidak lentur. Jika ketika dilipat lentur, maka dapat dipastikan irisan porang belum kering dan membutuhkan penjemuran kembali.


  • Proses penggilingan


Jika umbi porang yang sudah diiris tipis dan dijemur kering tadi selesai, maka langkah selanjutnya adalah menggilingnya. Proses penggilingan biasanya menggunakan mesin selama beberapa saat. Penggilingan harus dilakukan cukup lama agar chips porang dapat berubah menjadi tepung.


  • Proses pemisahan


Chips porang yang sudah berbentuk tepung kemudian akan dilewatkan ke mesin goyang. Langkah ini dilakukan karena secara efektif akan memisahkan amilum, jarum-jarum oksalah dan bagian yang melapisi partikel manan. Partikel-partikel inilah yang kemudian disebut dengan tepung mannan.

Konyaku, Hasil Olahan dari Tepung Porang


Budidaya tanaman porang yang semakin berkembang saat ini menjadikannya bahan pangan yang cukup populer. Konyaku merupakan makanan asal negara Jepang yang berbahan dasar tepung porang. Porang memang sudah menjadi bahan pangan populer yang digunakan oleh Jepang. Cara pembuatan konyaku atau tahu jepang ini cukuplah mudah dan dapat dipraktikkan di rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahannya.

Bahan utama, yakni tepung porang harus dipersiapkan dengan baik diikuti air kapur sirih. Pertama-tama, ambil tepung mannan atau porang yang kemudian di kukus sampai air dalam panci atau dandang mendidih. Selanjutnya, campur air 1 bagian dan 2 bagian air kapur sirih dengan perbandingan jumlah volume atau tempat wadah. Campurkan bahan-bahan tersebut dan diaduk sampai benar-benar merata. 

0 comments:

Post a Comment