WHAT'S NEW?
Loading...

Ketahui Lebih Lanjut, Begini Perbedaan Tanaman Porang dan Suweg

PERBEDAAN TANAMAN PORANG DAN SUWEG

Perbedaan tanaman porang dan suweg memang agak sulit, karena itu hal ini perlu diketahui lebih lanjut. Tanaman porang dan suweg merupakan tanaman satu genus atau marga yakni Amorphophallus. Kedua tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman talas-talasan dan yang paling populer adalah bunga bangkai raksasa karena ukurannya yang besar dan berbau. Membedakan porang dan suweg memang cukup sulit karena bentuk, batang, warna batang, hingga bentuk daunnya hampir sama. 

Porang dan suweg adalah tumbuhan semak atau herba yang tumbuh dengan tinggi 100 hingga 150 cm, berbatang tegak, lunak, berwarna hijau atau kehitaman, serta belang-belang atau bercak putih. Tangkai daun yang keluar dari umbi biasanya dikatakan sebagai batang tunggal yang memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi menjadi tangkai daun. Jika seluruh daun termasuk tangkainya sudah menjadi layu, maka menandakan umbi sudah siap untuk dipanen. Kondisi ini juga termasuk tanda fase pembungaan yang akan segera terjadi. 


Perbedaan Antara Tanaman Porang dan Suweg


Ciri khas yang dimiliki oleh tanaman ini adalah bunganya yang majemuk dan tumbuh pada tongkol yang dilindungi oleh seludang bunga. Jenis tanaman talas-talasan ini biasanya ditemukan di hutan-hutan tropis karena mudah tumbuh di berbagai jenis tanah. Beberapa perbedaan porang dan suweg yang perlu diketahui lebih lanjut, yakni sebagai berikut:


  • Tanaman porang

Perbedaan tanaman porang dan suweg biasanya cukup banyak mulai dari tangkai daun, keadaan batang, warna irisan umbi, dan lain sebagainya. Pada tamanan porang atau iles-iles beberapa spesifikasinya, yakni buah terdapat dicabang tangkai daun, batang terasa lunak serta halus, warna irisan umbi berwarna kuning cerah serta tidak berserat, batang berwarna hijau dengan bercak putih, tumbuh dengan umbi tunggal, dan kulit umbi memiliki tekstur kasar serta berwarna coklat tanah.


  • Tanaman suweg

Kedua tanaman ini memang kerap sulit dibedakan, karena itu beberapa spesifikasi suweg perlu diketahui lebih lanjut. Pada tanaman suweg, tidak terdapat buah di cabang tangkai daun, keadaan batang agak kasar namun lunak, warna irisan umbi putih dengan semburan merah jamu atau ungu yang berserat, batang berwarna hijau kehitaman dengan bercak putih, mata tunas pada umbi lebih dari satu, serta kulit umbi memiliki tekstur kasar dan berwarna coklat tanah. 

Perbedaan tanaman porang dan suweg juga bisa dilihat dari ukuran diameter umbi dan batangnya. Diameter umbi suweg biasanya sekitar 40 cm, sementera untuk porang sekitar 20 cm. Ukuran batang juga memiliki perbedaan, yakni suweg 10 hingga 15 cm dan porang 5 hingga 10 cm. Cara perkembangbiakkan porang dan suweg juga agak berbeda. Suweg dapat berkembang biak dengan baik menggunakan biji bunga dan mata tunas umbi. Sedangkan porang bisa dibudidayakan menggunakan biji bunga, buah, serta umbi. 


Keuntungan yang Didapat Jika Membudidayakan Porang


Tanaman talas-talasan sekarang ini sedang banyak diburu karena memiliki manfaat yang beragam. Membudidayakan tanaman porang sendiri sangat berguna karena memiliki beragam manfaat, yakni sebagai suplemen pangan bagi penderita diabetes melitus, tekanan darah tinggi, kolesterol, sembelit, hingga berguna untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glukomannan yang bisa juga diolah sebagai tepung hingga beberapa bahan industri lainnya. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, beberapa syarat untuk menanamnya perlu dilakukan. 

0 comments:

Post a Comment