WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Tempat Pemasaran Porang Populer, Salah Satunya Korea!

TEMPAT PEMASARAN PORANG

Tempat pemasaran porang yang sudah menjadi langganan sejak sepuluh tahun terakhir adalah Jepang dan China. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki beragam umbi-umbian, salah satunya yang sedang populer saat ini yakni porang. Umbi porang sangat diminati pasar luar negeri karena nilai ekspornya yang cukup tinggi. Porang atau iles-iles ini sangat diminati sehingga menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara, seperti Vietnam, Australia, Jepang, China, hingga Korea.

Apa Saja Manfaat dari Kandungan Tanaman Porang?


Umbi yang banyak ditemukan di hutan ini beracun, namun dengan pengolahan yang tepat dapat menghasilkan berbagai manfaat. Manfaat umbi porang atau dengan nama latin Amorphopallus oncophillus ini oleh sebagian masyarakat dijadikan sebagai sumber pangan lokal. Hal ini dikarenakan tanaman yang merupakan family bunga bangkai ini mengandung Glucomannan cukup tinggi. 

Glukomanan sendiri banyak digunakan dalam industri obat, makanan, minuman, kosmetik, bahan perekat atau lem, pertambangan, bahan dasar industri perfilman, industri pesawat terbang, hingga industri tekstil. Sementara di Jepang, tanaman porang digunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan, seperti Konyaku, dan Shirataki. 

Tak hanya itu, umbi porang juga memiliki mineral tinggi yang penting bagi metabolisme tubuh, yakni kalium, magnesium, dan fosfor serta unsur kelumit seperti selenium, seng, dan tembaga. Pemasaran tanaman porang menyebar cukup luas karena beberapa manfaat lainnya, berupa pembuatan chips, mie, tahu, beras tiruan rendah kalori, hingga tepung glukomanan

Tanaman porang pada umumnya dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja pada ketinggian 0 hingga 700 mdpl. Namun, sebaiknya tanaman porang ditanam pada tanah yang gebur dan tidak tergenang dengan derajat keasaman tanah yang ideal yakni antara pH 6 hingga 7. Porang mempunyai toleransi tinggi terhadap naungan atau tempat teduh dan hanya membutuhkan cahaya maksimum sampai 40 persen. Sementara, untuk kerapatan tingkat naungan minimal 40 persen karena semakin rapat akan semakin baik. 

Perlu Diperhatikan, Berikut Tahap Penanaman Porang! 


Tanaman porang paling baik ditanam ketika musim hujan, yakni sekitar bulan November hingga Desember. Tahap penanaman porang yang perlu diketahui, yakni sebagai berikut:

  • Bibit yang telah dipilih dimasukkan satu per satu ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas.
  • Untuk setiap lubang tanam biasanya akan diisi satu bibit porang dengan jarak tanam 1 m x 1 m.
  • Setelah bibit tanaman porang dimasukkan, tutup lubang tanam dengan tanah setelah 3 cm.

Sentra pengolahan tepung porang sudah berkembang di beberapa daerah di Indonesia, seperti Pasuruan, Madiun atau Jawa Timur, Wonogiri atau Jawa Tengah, serta Bandung atau Jawa Barat. Pasar untuk produk olahan tujuan ekspor sangat berpotensi serta terbuka cukup luas. Namun, salah permasalahan yang dihadapi terletak pada penyediaan bahan baku. Melihat manfaat yang sangat besar dari komoditas ini, pasar dalam negerti diharapkan bisa mulai membidik dengan serius. Hal ini dikarenakan apabila pasar dalam negeri sudah berkembang, maka porang akan bisa digarap dengan sungguh-sungguh selayaknya industri yang berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan petani. 

0 comments:

Post a Comment