WHAT'S NEW?
Loading...

Simak, Berikut Cara Membudidayakan Tumbuhan Porang

Tanaman porang atau iles-iles memiliki tampilan serupa dengan suweg dan walut yang mudah ditemukan di pekarangan, terutama di desa. Salah satu perbedaan dari kedua tanaman ini terletak pada adanya buah pada cabang tangkai daun. Secara tampilan, porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau dan putih. Tangkai tumbuhan ini kemudian menjulurkan cabang-cabang sebagai tangkai daun. 

Cara Membudidayakan Tumbuhan Porang, JUAL PORANG INDONESIA
Cara Membudidayakan Tumbuhan Porang


Ini Dia Cara Membudidayakan Porang Paling Tepat


Porang termasuk jenis tanaman yang mudah rumbuh di berbagai jenis tanah. Namun, biasanya dikenal sebagai tanaman yang hidup di hutan tropis sehingga tumbuh baik pada daratan rendah. Meski mudah tumbuh, dalam membudidayakan agar berhasil dengan baik perlu memperhatikan beberapa syarat berikut ini:

Keadaan iklim daerahnya


Tanaman porang dapat tumbuh pada ketinggian antara 0 sampai 700 mdpl, namun paling ideal berada di ketinggian 100 hingga 600 mdpl. Tumbuhan ini memiliki sifat khusus, yakni toleransi terhadap naungan atau tempat teduh. 

Keadaan tanah

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tanaman porang menghendaki kondisi tanah yang subur atau gembur serta tidak becek. Kandungan PH dalam tanah yang dapat ditumbuhi oleh porang biasanya antara 6 hingga 7.

Kondisi lingkungannya

Tumbuhan porang dapat tumbuh dengan baik di antara jenis tanaman naungan seperti jati, mahoni sono, dan lainnya. Namun, dengan satu syarat yakni tingkat kerapatan naungan minimal 40% karena semakin rapat maka akan semakin baik. 

Umbi porang dapat dipanen setelah berusia 3 tahun atau batangnya sudah terlihat menguning. Dalam setiap pohon, biasanya dapat memanen hasil sebanyak 2 kilogram umbi dan dalam setiap hektar bisa diperoleh 12 ton atau sekitar 1,5 ton kering. Tanaman porang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. 

Sebenarnya, tanaman porang sudah dibudidayakan sejak lama sehingga menjadi prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Tanaman porang menjadi komoditas ekspor di Jepang dan China. Porang yang berbentuk bulat tak beraturan diolah dengan cara diiris tipis dan dikeringkan. Jika sudah, barulah bisa akan jadi tepung yang merupakan bahan makanan. 

Manfaat Tanaman Porang Untuk Bahan Pangan


Beberapa manfaat tanaman porang yang perlu Anda ketahui:


  • Sebagai bahan pembuatan perekat atau lem yang ramah lingkungan.
  • Sebagai campuran pembuatan kertas agar lebih kuat dan lemas.
  • Sebagai pengganti media tempat tumbuh mikroba.
  • Sebagai bahan campuran pembuatan komponen pesawat terbang.
  • Sebagai bahan pembuatan mie di Jepang, seperti shiratake atau konnyaku.
  • Sebagai bahan untuk menjernihkan air atau memurnikan keloid yang terapung.
  • Sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah meleleh.
  • Sebagai pengganti kanji pada industri tekstik sehingga terlihat lebih mengkilap.
  • Sebagai pengganti gel silicon yang sangat baik untuk isolator listrik. 


Setelah mengetahui beberapa manfaat tanaman porang di atas, apakah Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini? Jika ya, cara membudidayakannya harus diketahui dan dipraktikkan dengan benar agar memperoleh hasil yang diinginkan. 

0 comments:

Post a Comment