WHAT'S NEW?
Loading...

Ciri Serta Manfaat dari Tumbuhan Porang

Masih banyak orang yang mungkin belum mengetahui apa itu tanaman porang dan kegunaannya. Tumbuhan porang merupakan jenis tanaman yang mampu tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Tumbuhan yang menyerupai suweg dalam bahasa jawa ini tidak sulit untuk dibudidayakan karena bisa di sistem tumpang sari dengan tanaman lain. Tanaman ini telah menjadi buruan para investor yang tentu saja dengan harga jual menggiurkan. 

CIRI TANAMAN PORANG, MANFAAT TANAMAN PORANG, TANAMAN PORANG
ciri dan manfaat tanaman porang

Bagaimana Ciri Ciri Tanaman Porang ?

Porang atau sering disebut dengan iles-iles termasuk tanaman penghasil yang memiliki ciri khas. Ciri yang dimiliki oleh tumbuhan ini sehingga mudah dikenali, yakni tumbuh dengan tangkai atau batang tunggal. Selain itu, tanaman ini juga bercorak belang hijau putih seperti panu serta berdiri dengan tegak dan lunak. Batang tunggal yang dimiliki oleh orang akan memecah membentuk cabang dan selanjutnya akan memecah lagi membentuk tangkai daun. 

Tanaman porang biasanya hidup di hutan tropis sehingga mudah ditemukan di antara tegakan pohon hutan, seperti pohon sono, pohon mahoni, dan pohon jati. Ketinggian dari tanaman ini hanya 100 hingga 150 cm sehingga termasuk tanaman semak dengan umbi di dalam tanah. Jika dibudidayakan dengan benar, tanaman porang memiliki hasil berupa umbi yang mengandung Glucomannan dan berberntuk tepung. Glucomannan sendiri adalah serat alami yang dapat larut dalam air dan lazim digunakan sebagai pengental makanan.

Apa Saja Manfaat yang Bisa Didapat dari Tumbuhan Porang?


Porang yang saat ini menjadi buruan para investor memiliki alasan tersendiri, salah satunya manfaat yang cukup besar. Selain sebagai bahan aditif makanan, tumbuhan porang juga memiliki manfaat lain yakni sebagai bahan pembutan lem yang ramah lingkungan. Nah, manfaat lainnya dari tumbuhan porang yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

Bahan campuran pada pembuatan kertas agar lebih kuat dan lemas.
Kerap dimanfaatkan sebagai bahan pengganti gel silicon pada isolator listrik.
Digunakan sebagai pengental sirup dan perekat pada es kirm.
Sebagai bahan campuran pembuatan pengilap kain, perekat kertas, hingga cat. 
Pengganti gelatin bahan pembuat negatif film, isolator, dan seluloid.
Dipakai untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian keloid dalam bir.
Porang dipakai sebagai pengganti kanji sehingga kain lebih mengilap.

Tak hanya manfaat di atas, perlu diketahui juga jika tumbuhan porang memiliki kandungan vitamin A dan B yang lebih tinggi dari kentang serta terdapat karbohidrat lebih dari 80 persen di dalamnya. Bagi tubuh, porang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan diet untuk penderita diabetes. 

Tanaman porang memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan sehingga menjadi komoditas ekspor dengan pangsa pasar utama di Jepang dan China. Karena itu, tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Apakah Anda tertarik dengan peluang bisnis porang yang terbuka lebar ini? 

Jika kalian tertarik bisa komen dibawah saling berbagi ilmu tidak ada salahnya. 

0 comments:

Post a Comment