WHAT'S NEW?
Loading...

Ini Dia Khasiat Tumbuhan Porang

KHASIAT TANAMAN PORANG

Khasiat tumbuhan porang memang terbukti banyak dan cukup bermanfaat bagi masyarakat. Porang atau dengan istilah Amorphophallus Muelleri Blume ini merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang mengandung glucomanna berbentuk tepung. Glukomanan dapat diartikan sebagai serat alami yang larut dalam air dan diekstrak dari akar ubi gajah atau dikenal juga dengan nama konjac mannam. Glukomanan dapat larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan. Karena itu, glukomanan lazim digunakan sebagai aditif makanan untuk mengentalkan.

Komoditas porang diekspor ke beberapa negara terutama Jepang dan Tiongkok karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Umbi tanaman porang sendiri memiliki bentuk bulat tak beraturan dan diolah dengan cara diiris tipis dan dikeringkan. Selain itu, dapat pula diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan. Harga porang sendiri berbeda-beda berdasarkan jenisnya, yakni jenis kering dan jenis basah.

Beberapa Khasiat Tumbuhan Porang Bagi Manusia 


Olahan porang kerap kali dimanfaatkan industri kertas sebagai bahan campuran dalam agar kertas kuat dan lemas. Porang juga dipakai pada industri tekstil sebagai pengganti kanji sehingga kain katun, linen, wol, dan kain-kain dari bahan imitasi terlihat lebih mengkilap. Pada industri pelistrikan atau isolator, tanaman porang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembungkus kabel. Karena besarnya kebutuhan industri, saat in porang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekitar 3.400 ton chip. Selain manfaat di atas, beberapa khasiat porang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Porang bisa berguna sebagai lem terbaik karena hasilnya yang ramah terhadap lingkungan.
  • Glukomanan pada tanaman porang bisa digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul pada obat.
  • Kadar glucomannan berkhasiat bagi kesehatan tubuh yakni mengurangi kadar kolesterol.
  • Berkhasiat sebagai pengganti agar-agar karena merupakan serat alami yang dapat larut dalam air.
  • Porang mengandung banyak vitamin, yakni A dan B lebih tinggi daripada kentang.
  • Tanaman porang memiliki kandungan karbohidrat lebih dari 80 persen dalam glukomanan.
  • Larutan mannan yang dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat sebagai bahan kedap air.
  • Mannan juga berkhasiat untuk menjenuhkan air dan memurnikan bagian kelois yang terapung dalam bir serta minyak. 

Lingkungan Hidup Paling Baik Untuk Porang


Tanaman porang dapat hidup di hutan tropis atau pun dataran rendah lainnya. Porang mudah hidup di antara tegakan pohon hutan seperti jati, dan sono. Porang cukup dilakukan dengan sekali tanam di lahan jati yang rindang. Umbi dari porang ini nanti akan tumbuh kembali setelah dipanen dengan cara meninggalkan di lubang semula. Umbi kecil yang dibiarkan bi tempatnya akan tumbuh kembali pada saat musim hujan. 


Khasiat tanaman porang belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat sehingga harganya bisa melangit. Namun dengan begini, kesempatan untuk membudidayakan semakin terbuka lebar jika melakukannya dengan sungguh-sungguh. Umbi porang yang diekstrak menjadi tepung glucomannan sangat bermanfaat bagian kesehatan manusia perlu dikembangkan secara luas.

0 comments:

Post a Comment