WHAT'S NEW?
Loading...

Harga Tumbuhan Porang atau Iles Iles Secara Umum

HARGA TUMBUHAN PORANG

Saat ini, harga tumbuhan porang cukup tinggi sehingga menjadikannya bisnis yang menjanjikan. Bagi yang belum mengetahui lebih mendalam mengenai tanaman porang atau iles-iles, berikut penjelasan singkatnya. Tanaman porang adalah tanaman penghasil umbi. Termasuk ke dalam keluarga Araceae dan genus Amorphophallus, tumbuhan ini memiliki ciri khas yakni tumbuh dengan tangkai atau batang tunggal yang berdiri tegak serta bertekstur lunak. Selain itu, porang atau iles-iles ini juga memiliki tanda corak belang hijau putih seperti panu.

Batang tunggal pada tumbuhan porang kemudian akan memecah hingga membentuk cabang. Cabang tersebut nantinya akan memecah lagi untuk membentuk tangkai daun. Ketika melihat sekilas, tanaman porang memang memiliki penampilan fisik yang sangat mirip dengan suweg. Namun, perlu diketahui jika porang dan suweg adalah tanaman yang berbeda. Perbedaan dapat dilihat dari adanya bintil pada tanaman porang yang terletak di cabang tangkai daun atau biasa dikenal dengan nama katak.

Manfaat Serta Harga Tumbuhan Porang


Proses pemeliharaan dan perawatan tumbuhan porang tidak memakan biaya serta tenaga yang banyak. Hal ini dikarenakan bibit porang yang ditanam tidak akan mati. Tanaman porang atau iles iles biasanya dapat hidup di hutan tropis. Tanaman ini mudah beradaptasi pada daerah dataran rendah sehingga banyak ditemukan di antara tegakan pohon hutan, seperti pohon sono, pohon mahoni, dan pohon jati. Porang atau iles iles termasuk tanaman semak karena hanya memiliki tinggi 100 hingga 150 cm dengan umbi yang berada di dalam tanah.

Meskipun dapat hidup dan tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah, namun cara membudidayakan porang perlu diperhatikan. Beberapa syarat yang perlu diketahui jika ingin membudidayakan porang atau iles-iles adalah keadaan iklim, keadaan tanah, serta kondisi lingkungan. Tumbuhan porang sangat toleransi terhadap naungan atau tempat teduh sehingga hanya membutuhkan cahaya maksimum sampai 40 persen. Sementara itu, keadaan tanah yang bisa ditumbuhi porang adalah dengan pH antara 6 sampai 7 dan tingkat kerapatan naungan minimal 40 persen sehingga semakin rapat maka akan semakin baik.


  • Manfaat Tanaman Porang


Tanaman porang memiliki hasil berupa umbi yang mengandung Glucomannan berbenrtuk tepung. Glucomannan sendiri merupakan serat alami yang dapat larut dalam air dan diekstrak dari akar ubi gajah atau dikenal juga sebagai konjac mannan. Glukomanan lazim digunakan sebagai aditif makanan yakni sebagai emulsifier dan pengental. Karena itu, porang menjadi buruan para investor karena banyak manfaat tersembunyi lainnya, seperti bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan, pengganti gel silikon yang baik sebagai isolator, penjernih air, bahan campuran dalam pembuatan pengkilap kain, hingga bahan makan jepang berupa mie.


  • Harga Tanaman Porang


Porang atau iles iles sebenarnya sudah dibudidayakan sejak 1970 silam. Sementara itu, budidaya porang utnuk sementara masuh berpusat di daerah Jawa, terutama Jawa Timur. Padahal, tanaman porang memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan lebih lanjut. Tumbuhan porang atau iles iles merupakan komoditas ekspor dengan pangsa pasar utama Jepang dan China. Karena nilai ekonomisnya yang sangat tinggi menjadikan harga tumbuhan porang bisa mencapai 9 ribu hingga 10 ribu per kilogram dalam keadaan basah dan 50 ribu hingga 60 ribu per kilogram dalam bentuk irisan kering,

Peluang bisnis untuk membudidayakan tanaman porang memang sangat terbuka lebar sehingga siapa saja bisa melakukannya. Namun, perlu disertai juga dengan usaha maksimal berupa cara budidaya tumbuhan porang yang tepat. Karena itu, segera manfaat peluang budidaya porang yang sudah terbuka lebar ini dengan memahami teknik membudidayakan agar bisnis yang ingin dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

0 comments:

Post a Comment