WHAT'S NEW?
Loading...

Harga Tanaman Porang 2019 Tingkatkan Ketertarikan Berbisnis

HARGA TANAMAN PORANG 2019

Harga tanaman porang 2019 semakin meningkat sehingga ketertarikan masyarakat untuk berbisnis tanaman ini juga besar. Porang sendiri kerap dikira sebagai suweg, padahal kedua tanaman ini jelas berbeda. Tanaman porang atau biasa disebut iles-iles mudah dibudidayakan karena mampu tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Porang (Amorphopallus muelleri) merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 1,5 meter.

Secara fisik, tanaman porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang berwarna hijau dan putih. Porang termasuk jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohoh jati. Meski pohon jati menjadi nomor satu dikarenakan kadar airnya tidak sebanyak pohon lainnya, namun tanpa naungan pohon porang akan tetap bisa produktif.

Harga Porang Serta Khasiatnya Bagi Kehidupan


Harga tanaman porang 2019 jika dijual dalam kondisi kering sekitar Rp50 ribu per kilonya. Namun, apabila masih dalam bentuk basah atau umbinya hanya sekitar Rp6000 per kilo. Padahal porang kini telah menjadi komoditi ekspor, terutama di Jepang dan China. Jepang menjadi salah satu negara yang rutin membeli porang dari Indonesia.

Perlu diketahui, masa panen umbi porang hanya 2 musim dalam perawatan dalam artian keseimbangan unsur tanah melalui pemupukan wajib. Khasiat tanaman porang adalah sebagai bahan dasar untuk berbagai campuran mulai dari tepung, lem, bahan dasar uang kertas, isolator listrik, pengental sirup, hingga penjernih air. Tak hanya itu, porang juga menjadi bahan obat-obatan, dimana glucomannan dimanfaatkan untuk pembentuk kapsul pada obat.

Beberapa Olahan yang Terbuat dari Umbi Porang


Kadar glucomnannan pada tumbuhan porang berkhasiat bagi tubuh, yakni mengurangi kadar kolesterol dalam darah, memperlambat pengosongan perut, serta mempercepat rasa kenyang. Karena itu, dengan khasiat tanaman porang ini sangat cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes. Beberapa olahan tanaman porang lainnya yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut:

  • Porang sebagai bahan pembuatan mie

Usaha tanaman porang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat karena banyaknya manfaat yang diperoleh, salah satunya sebagai bahan makanan. Porang dalam bentuk tepung bisa diolah menjadi mie.

  • Porang sebagai sereal

Bahan pembuat sereal yang sudah kita kenal sebelumnya terbuat dari gandum. Hampir semua jenis gandum mengandung gluten, termasuk biji gandum dan oat. Nah, disini porang menjadi solusi pengganti bahan tersebut.

  • Porang sebagai bahan roti

Kebanyakan roti terbuat dari tepung gandum dan jelai, termasuk muffin, bagel, croissant, burger, hingga pizza. Nah, disini porang menjadi bahan pengganti yang cukup penting.

  • Porang sebagai pasta

Pasta merupakan masakan Itali yang cukup terkenal dan terbuat dari gandum. Sama seperti roti, porang menjadi bahan pengganti pembuatan pasta termasuk makanan lain seperti makaroni, spageti, dan fettucine.

  • Porang sebagai bahan pembuat kue

Seperti yang diketahui, kue dan biskuit terbuat dari tepung tergiu dan gandum. Karena itu, porang bisa dijadikan sebagai pengganti bagan pembuat kue tradisional, seperti bolu, getuk, brownies, maupun nastar.

Setelah mengetahui harga tanaman porang 2019 dan berbagai manfaatnya, apakah tertarik untuk mengembangkan bisnis ini. Keuntungan serta manfaat dari porang akan didapatkan secara maksimal jika tekun dan sabar saat memulai budidaya tanaman ini. 

0 comments:

Post a Comment